Penulis / NIM
RETNO ALVIA HARDJODIWIRJO / 153411009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Retno Hardjodiwirjo, Nim. 153411009. 2015. Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Pada Sentra Kreativitas Di Kelompok B PPIT Al Ishlah Kota Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana peran guru dalam mengembangkan motorik halus pada sentra kreatifitas kelompok B di PPIT Al-Ishlah ? Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak pada sentra kreativtas di kelompok B PPIT Al Ishlah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data-data yang digunakan yaitu berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak pada sentra kreativitas di kelompok B PPIT Al Ishlah Kota Gorontalo dilaksanakan dengan melalui empat peran guru yaitu :peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pengelola kelas, dan peran guru sebagai evaluator. Peran guru dalam mengembangkan motorik halus sangatlah penting. Sehingga guru sebagai pengajar yaitu guru yang menyediakan tema,sub tema untuk memulai kegiatan pemebelajaran, guru sebagai fasilitator yaitu guru yang menyediakan alat dan bahan berupa media dari bahan bekas yang dapat di daur ulang dalam kegiatan pembelajaran, guru sebagai pengelola kelas yaitu guru membuat kelas agar anak merasa nyaman pada saat di mulainya kegiatan pembelajaran dengan bersih dan tertatah rapih, dan guru sebagai evaluator yaitu guru menilai perkembangan motorik halus anak dengan melihat perkembangan anak melalui hasil karya anak dan pada saat anak memulai kegiatan tersebut. Dari peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak melalui pembelajaran sentra kreativitas sudah baik. Hal ini dapat di lihat dari 23 orang anak terdapat 11 anak yang mampu, 11 anak yang kurang mampu, dan 1 anak yang tidak mampu.
Kata Kunci: Peran Guru, Motorik Halus, Sentra Kreativitas
Download berkas