Penulis / NIM
SISKAWATI BADU / 153411013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Siskawati Badu. 2017 Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Kelompok B di TK Al-Kautsar Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Uatar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr.Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi oleh gejala yang terjadi di TK Al-Kautsar Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara yakni rendahnya kemampuan kosakata anak kelompok B yang ditndai oleh: Kemampuan kosakata anak masi sangat minimm, kekayaan kata yang dimilki anak masi sedikit, anak belum mampu membedakan kata. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Kelompok B melalui eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian "One Group Pre-Test and Pos-Test design" yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Metode bercakap-cakap) dan variabel Y (Kemampuan kosa-kata anak) kelompok B Gorontalo utara. anggota sampel penelitian berjumlah 15 orang dari jumlah populasi 35 anak. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpul data berupa teknik observasi tentang aspek-aspek variabel Y (kemampuan kosakata anak).
Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman obsevasi yang di isi oleh peneliti sendiri sebanyak dua kali yakni, sebelum dan sesudah pelaksanaan tritmen. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga t_hitung sebesar -4.09 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,05. Ternyata harga t_hitung memperoleh harga lain (harga t_hitung telah berada di luar daerah penerimaan H_0) sehingga disimpulkan bahwa H_0 di tolak dan menerima H_1. Artinya Metode Bercakap-cakap Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Kelompok B
Kata cunci: Metode Bercakap-Cakap, Kemampuan Kosakata Anak
Download berkas