Penulis / NIM
ZURLIN S. GUZALI / 153411019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Zurlin Guzali. 2015. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Berbahasa Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kesulitan berbahasa di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan berbahasa di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelompok B. Sumber Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan berbahasa Anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor biologis (jasmani) yang terdiri dari kondisi fisik dari anak, yang kedua faktor psikologis yang berhubungan dengan sistem saraf pusat dan fungi sistem lain yang berhubungan dengan kondisi fisik anak. Sedangkan Faktor eksternal yaitu faktor yang mempengaruhi dari luar, seperti faktor lingkungan rumah, faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan masyarakat.
Kata Kunci : Faktor-faktor, Kesulitan Berbahasa
Download berkas