Penulis / NIM
HASTITI H. YAPENTAL / 153411020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Hastiti H. Yapental, 2015. Peran guru dalam Mengembangkan Permainan Tradisional Melempar kaleng Kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro 4 Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Setiyo Utoyo M.Pd .
Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan peran guru,sebagaipembimbing, sebagai modeling, sebagai fasilitatordalam mengembangkan anak lari, melompat, melempar dan menangkap bola dengan permainan tradisional lempar kaleng, kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro 4 Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta tekhnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah mengumpulkan semua data yang diperoleh, membuat penafsirandata dari hasil wawancara dan pengamatan tentang Peran Guru Dalam Mengembangkan Permainan Tradisional Lempar Kaleng Kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro 4 Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan permainan tradisional melempar kaleng pada anak kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro 4 kecamatan kota utara Kota Gorontalo sudah cukup baik. Dengan indikator guru sebagai pembimbing, guru sebagai modeling dan guru sebagai fasilitator telah berjalan dengan baik. Peran guru menunjukkan bahwa permainan tradisional lempar kaleng bisa mengembangkan kelenturan motorik anak Kelompok B TK KI Hajar Dewantoro 4 Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.
Kata kunci : Peran Guru, Permainan Tradisional Melempar Kaleng
Download berkas