Penulis / NIM
PEPIN M. YUSUF / 153411022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Pepin M. Yusuf, 2016. Deskripsi intervensi perhatian orang tua pada proses pembelajaran di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intervensi perhatian orang tua pada proses pembelajaran di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 19 anak yang ada di kelas terdapat 4 anak belum mampu memunculkan sikap kemandiriannya, 5 anak sudah cukup mampu memunculkan sikap kemandiriannya, 10 anak sudah mampu mengerjakan tugasnya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa Perhatian orang tua yang berlebihan pada anak dapat diatasi dengan memberi pengertian kepada orang tua tentang dampak dari perhatiannya yang berlebihan. Campur tangan orang tua pada proses pembelajaran diatasi melalui cara mengajar guru yang kreatif, Maka aplikasinya akan berdampak positif pada anak. Anak-anak akan mandiri mengerjakan tugasnya sendiri tanpa dibantu oleh orang tua.
Kata kunci : intervensi,perhatian orang tua
Download berkas