Penulis / NIM
						SUGIARTI SIMBAYAN / 153411029
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
						Pembimbing 2 / NIDN
						IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
						Abstrak
						ABSTRAK
SUGIARTI SIMBAYAN. NIM 153 411 029. Deskripsi Kemampuan Kognitif Dalam Bermain Balok Pada Anak Kelompok A Di TK Sartika Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 PG PAUD Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, MPd. dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd. 
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Deskripsi Kemampuan Kognitif Dalam Bermain Balok Pada Anak Kelompok A di TK Sartika Luwoo Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan kognitif dalam bermain balok pada anak Kelompok A di TK Sartika Luwoo Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Deskripsi Kemampuan Kognitif dalam Bermain Balok Pada Anak Kelompok A Di TK Sartika Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Indikator dalm penelitian terdiri dari membawa balok, menumpuk balok, menghubungkan balok untuk membentuk bangunan, membuat bangunan yang jelas terlihat, dan anak mulai ahli  membuat susunan. Sehingga di lihat dari hasil karya anak dalam kegiatan  bermainan balok didalam kelas dari 10 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki, dan 5 siswa perempuan. Ada 6 siswa yang sudah memenuhi lima indikator dalam permainan balok sedangkan 4 siswa lainya masi belum mampu memenuhi lima indikator dalam permainan balok. 
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Bermain Balok
						Download berkas