Penulis / NIM
SUGIARTI SIMBAYAN / 153411029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
SUGIARTI SIMBAYAN. NIM 153 411 029. Deskripsi Kemampuan Kognitif Dalam Bermain Balok Pada Anak Kelompok A Di TK Sartika Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 PG PAUD Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, MPd. dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Deskripsi Kemampuan Kognitif Dalam Bermain Balok Pada Anak Kelompok A di TK Sartika Luwoo Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan kognitif dalam bermain balok pada anak Kelompok A di TK Sartika Luwoo Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Deskripsi Kemampuan Kognitif dalam Bermain Balok Pada Anak Kelompok A Di TK Sartika Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Indikator dalm penelitian terdiri dari membawa balok, menumpuk balok, menghubungkan balok untuk membentuk bangunan, membuat bangunan yang jelas terlihat, dan anak mulai ahli membuat susunan. Sehingga di lihat dari hasil karya anak dalam kegiatan bermainan balok didalam kelas dari 10 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki, dan 5 siswa perempuan. Ada 6 siswa yang sudah memenuhi lima indikator dalam permainan balok sedangkan 4 siswa lainya masi belum mampu memenuhi lima indikator dalam permainan balok.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Bermain Balok
Download berkas