Penulis / NIM
ZUL INTAN VAN GOBEL / 153411033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Pembimbing 2 / NIDN
HALIM K MALIK, S.Pd. M.Pd / 0023127102
Abstrak
ABSTRAK
Zul Intan Van Gobel. 2015. Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mohamad Zubaidi, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Halim K. Malik, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data digunakan melalui prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan motorik halus anak tidak lepas dari empat kompetensi guru yaitu kompetensi kepribadian guru, kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru. Dari hasil temuan tersebut, menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak di kelompok B TK Negeri Pembina telah dilaksanakan sesuai dengan landasan kompetensi yang dimiliki oleh para guru. Sehingga dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar anak.
Kata Kunci: Peran Guru, Motorik Halus
Download berkas