Penulis / NIM
HAJANUN D. BALIKE / 153411035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Hajanun D.Balike. 2015. "Model Penanaman Disiplin Anak Usia DINI Kelompok A TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo". Program Studi S1-PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih terdapat anak di sekolah TK Negeri Pembina yang belum sepenuhnya mampu disiplin terhadap aturan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan informasi tentang model penanaman disiplin anak usia dini di kelompok A TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tehknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model penanaman disiplin anak usia dini di kelompok A TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo yaitu model disiplin asertif sudah di terapkan oleh guru contohnya melalui kegiatan merapikan mainan yang habis di pakai, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan patuh terhadap aturan yang ada di sekolah maupun dirumah yang telah disepakati. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model penanaman disiplin asertif pada anak sudah di terapkan oleh guru tetapi masih ada anak yang belum sepenuhnya mampu untuk mentaati disiplin asertif tersebut, walaupun begitu tetapi guru tetap sabar dalam membimbing anak-anak tersebut.
Kata Kunci: Model, Penanaman, Disiplin, Anak usia dini
Download berkas