Penulis / NIM
SISKAWATI A. NAPU / 153411041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Siskawati A.Napu, 2015. Peran Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Tk Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kota Selatan. Skripsi, Program Studi SI PG-PAUD Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra.Rapi Us Djuko, M.Pd dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan. Tujuan penelitian ini yakni untuk menggambarkan peran guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam kegiatan mengenal lingkungan dan melatih kognitif anak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sumber data adalah peran guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah yang ada di Kelompok B Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan dapat dilihat dari dua indikator yakni : Guru sebagai pengelola pembelajaran dan Guru sebagai pendorong kreatifitas. Guru seharusnya mengelola pembelajaran dengan baik dan guru harus bisa mendorong kreatifitas pada anak. Peran guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah yang ada di Kelompok B Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro sudah maksimal.
Kata Kunci : Peran Guru, lingkungan sekolah, sumber belajar
Download berkas