Penulis / NIM
IRNAWATI ANTU / 153411043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
IRNAWATI ANTU, 2015. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Anak Dalam Menulis Pada Kelompok B di TK Menara laut Kecamatan Dumbo Raya Kelurahan Leato Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Ruslin W Badu, M.Pd dan pembimbing II, Dra. Dajani Suleman. M.Hum.
Identifikasi masalah ialah kemampuan anak dalam menggenggam pensil yang masih keliru, Anak yang belum mampu membedakan kemiripan huruf, Kemampuan anak dalam mengucap huruf sudah mampu tapi menulis belum terlancar, Posisi duduk anak belajar menulis yang terlalu membungkuk,
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam menulis pada kelompok B di TK Menara Laut Kecamatan Dumbo Raya Kelurahan Leato Utara Kota Gorontalo. Dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis Triangulasi data berupa hasil observasi, wawancara dan dokumensi
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam menulis pada kelompok B di TK Menara Laut Kecamatan Dumbo Raya Kelurahan Leato Utara Kota Gorontalo bahwa proses kematangan pada anak terutama kemampuan menulis saat menggenggam pensil yang masih keliru sehingga mengakibatkan anak lambat menulis, kemampuan daya ingat anak yang belum bisa membedakan huruf sehingga mengakibatkan anak sulit untuk bisa menjawab ketika guru bertanya, mengenai huruf abjad, posisi duduk anak saat belajar menulis yang terlalu membungkuk sehingga akan anak cepat merasakan capek disamping itu pula ketika menulis terdapat anak posisi kepala selalu dibaringkan dimeja tulis sehingga anak bermalas-malasan saat mengerjakan tugas.
Kata kunci: Kesulitan Menulis
Download berkas