Penulis / NIM
ERTIWI MAMONTO / 153411044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Ertiwi Mamonto. 2015. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 PG-PAUD Jurusan PG-PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini mengkaji pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest- posttest design. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 36 orang. Uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilliefors dan diperoleh nilai L0 < Ltabel yaitu pada pre test nilai L00,138 dan post test nilai L00,096 sedangkan untuk nilai Ltabel0,149 data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk data pre test dan post test berdistribusi normal. Homogenitas varians uji barlett statistik chi kuadrat diperoleh 0,983 < 3,841 maka data tersebut homogen, pengujian ini bertujuan untuk menentukan teknik uji hipotesis yang akan digunakan karena data homogen uji hipotesis yang digunakan adalah statistik uji t. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung 5,68 dan ttabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan menyimak anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan atau metode bercerita. Dengan perbedaan tersebut, dapat disimpulkan adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak.
Kata kunci : Metode bercerita, Kemampuan menyimak
Download berkas