Penulis / NIM
SITI SULAIHA TAMPI / 153411045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Siti S. Tampi NIM. 153411045 2016. Peran Orang Tua dalam meningkatakan perekembangan bahasa anak di kelompok B di PPIT Al-Islah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing1 Dr. Muhammad Zubaidi, S.Pd,M.Pd, Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang menjadi focus penelitian adalah Anakmasihbergantungpada orang tuanya.Bagimerekadalamusiaperkembanganbahasanya, yang terpentingdalamperkembanganbahasaadalahdapatberkomunikasidenganbaik.RumusanMasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahperan orang tuadalammeningkatkanperkembanganbahasa anak di PPIT Al-IshlahKecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo?Tujuanpadapenelitianiniyakniuntukmengetahuidanmendeskripsikanperan orang tuadalammeningkatkanperkembanganbahasaanak. Metodedigunakanadalahpendekatankualitatif.Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu melakukan kegiatan membaca bersama dengan anak, dilaksanakan kegiatan mendongeng, kegiatan bernyanyi, membaca berirama, dan kegiatan tebak kata dapat mengembangkan bahasa anak, Perkembangan bahasa pada anak usia dini dimulai dengan mengungkapkan kata-kata pertama yang diperoleh dengan meniru bunyi kata-kata yang di dengarnya mengajak anak berbicara, mendengarkan orang lain bercerita dan menanggapi orang lain. Kesimpulan Bahwa semua keterlibatan orang tua untuk pengembangan bahasa anak sudah baik, namun dalam semua keterlibatan orang tua masih terdapat orang tua yang tidak memaksakan anak untuk dapat membaca, hanya mengajarkan anaknya membaca gambar dan mengenal huruf. Begitu pula dalam keterlibatan pada perbendaharaan kata dalam hal berinteraksi dan berkomunikasi yang terjalin pada hari libur, yang dikarenakan dengan kesibukan orang tua.
Kata Kunci :Peran Orang tua, Bahasa Anak
ABSTRACT
Siti S. Tampi. Student ID. 153411045, 2016. The Role Of Parents in Developing Group B Children's Language at PPIT AL Islah, Kota Tengah Sub-district. Gorontalo City. Faculty Of Education, State University Of Gorontalo. Principal supervisior is Dr. Muhamad Zubaidi, S.Pd, M.Pd. and Co-supervisior is Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd The Problem of children still depends on their parents. For them, in their language development, the most important thing is that they can communicate properly. The problem statement of this research is "how is the role of parents in developing group B children's language at PPIT AL Islah, Kota Tengah Sub-district, Gorontalo City?'' Meanwhile, this research aims at investigating and describing the role of parents in developing children's language. Qualitative method is applied in this research. Findings show that activity of reading rhythmically, and guessing wrds can develop children's language. The children's language development for early childhood children begins with revealing first word that they gain from imitating the sound of the word they hear. It concludes that all the parent's involvements in children's language development have been good. However, there are still several parents who do not encourage their children to read. They only teach the children how to read picture and to recognize letters. Also, parents' involvement in developing children's vocabulary through interacting and communicating with them in holiday is still lack due to the business of the parents.
Keywords: Parents'Role, Children's Language .
Download berkas