Penulis / NIM
NATSEER ARTHUR SYARIFUDIN BUHANG / 153411046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Natseer Arthur Syarifudin Buhang. 153411046 2016. "Deskripsi Pengenalan Kosakata Pada Anak Dengan Menggunakan Media Visual kelompok B di TK KI Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian Kualitatif ini dilaksanakan di TK Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Dengan jumlah 21 anak, terdiri dari laki-laki 12 anak dan perempuan 9 anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengenalan kosakata pada anak dengan menggunakan media visual pada anak di TK Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode penelitian dalam penelitian ini peneliti menggunakan deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data oleh peneliti adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah bahwa anak di TK Ki Hadjar Dewantara Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo sudah berkembang, dilihat dari kemampuan reseptif anak dan kemampuan produktif anak. Dan sesuai Observasi yang dilakukan peneliti bahwa dari 21 anak, kemampuan reseptif terdapat 52,3 % yakni 11 anak. Dan pada kemampuan produktif terdapat 47,6 % kemampuan yakni berjumlah 10 anak. Perubahan tersebut terjadi karena guru menggunakan media visual. Kemampuan mengenal kosakata pada anak dengan menggunakan media Visual di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro sudah berkembang, dilihat dari kemampuan Reseptif dan Produktif anak.
Kata Kunci : Kosakata Anak, Media Visual.
Download berkas