Penulis / NIM
HASNA KADAI / 153411047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Hasna Kadai, 2015. Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Teman Sebaya Kelompok B TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PG-PAUD Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah interaksi Sosial anak Usia Dini dengan Teman sebaya Kelomnpok B TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Teman Sebaya Kelompok B Tk Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian dan Pembahasan dapat disimpulkan bahwa Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Teman Sebaya Kelompok B TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dapat dilihat dari empat indikator, yakni: Kerjasama anak mampu menyelesaikan tugas kelompok, Persaingan anak mampu menunjukan hasil karya sendiri, Pertentangan anak mampu mengendalikan emosi, dan Persesuaian anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Dari 30 anak terdapat 14 anak yang masih merasa takut, belum berani berbicara, belum bisa menghargai perasaan teman dan kurangnya penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar sehingga anak ini belum optimal berinteraksi sosial dengan teman sebaya.
Kata Kunci : Interaksi Sosial, Anak Usia Dini, Teman Sebaya
Download berkas