Penulis / NIM
WINRAWATI GANI / 153411058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Abstrak
ABSTRAK
WINRAWATI GANI,2015. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di TK Mutiara Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi SI PG-PAUD Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Ruslin W. Badu M.Pd dan Pembimbing II, Dra, Tuti Wantu, M.Pd Kons.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Mutiara Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B di Tk Mutiara Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini yakni untuk menggambarkan peran guru dalam kemampuan berbicara anak Kelompok B di TK Mutiara Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Mutiara Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango, terdapat tiga indikator yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai motivator,guru sebagai pembimbing.
Dari hasil penelitian yang dilakukan pada anak kelompok B di TK Mutiara Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango ternyata sebagian besar orang anak, 19 anak atau 86,36 % sudah mampu berbicara didepan kelas, dan 3 orang anak atau 13,64 % belum mampu berbicara di depan kelas
Kata Kunci : Peran Guru, kemampuan Berbicara
Download berkas