Penulis / NIM
RASMI MOKODOMPIT / 153411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
RASMI MOKODOMPIT. NIM 153 411 060. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Yakob Napu, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Rapi Us, Djuko, M.Pd. Drs. Usman Samatowa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual berdoa sebelum belajar,berdoa sebelum makan,berdoa sebelum keluar, di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui kecerdasan Spiritual pada anak.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo sudah baik, dilihat dari indikator guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai model dan teladan sudah menunjukan bahwa anak sudah memiliki kecerdasan spiritual yang baik. Sehingga dilihat dari data hasil observasi, dari 30 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki, dan 18 siswa perempuan. Dengan kegiatan yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas saat guru menerapkan pembelajaran dikelas, ada 22 anak yang sudah berkembang dalam membaca doa-doa, sedangkan 8 siswa lainnya masih belum berkembang dalam membaca doa-doa.
Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Spritual
Download berkas