Penulis / NIM
NURHAYIN PAKAYA / 153411063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Nurhain Pakaya. 2015. Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Pengurangan Melalui Teknik Bermain Di Kelompok B Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi.JurusanPendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini. FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing I: Dra. Samsiar Rivai, S.Pd M.Pd,Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd.
PermasalahandalampenelitianiniadalahapakahTeknikbermaindapatmeningkatkanKemampuanmengenal konsep penguranganpadaanakkelompok B TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan yanghendakdicapaidalampenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanmengenal konsep penguranganmelaluiTeknikbermainpadaanakkelompok B TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota SelatanKota Gorontalo .
Hasil analisa data dan pembahasan diperoleh hasil penelitian pada siklus Ibahwaanak yang mampumelakukan konsep pengurangan melalui teknik bermain kaleng indah mencapai 14 orang anak atau 61%dan yang belum 8 orang anak atau 39%, disiklus 2 anak yang mampumelakukan konsep pengurangan melalui teknik bermain kaleng indah mencapai 20 orang atau 87% dan yang belum mampu melakukan konsep pengurangan melalui teknik bermain mencapai 3 orang anak atau 23%.
BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandisimpulkanbahwamelaluiTeknikbermain,kemampuanmengenal konsep pengurangan padaanakkelompok B TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalomeningkat.
Kata kunci: Konsep pengurangan, Teknik, Bermain
Download berkas