SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIYANTI POMANTO / 153411066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Indriyanti Pomanto 153 411 005. Penerapa Kegiatan Menggambar Pada Anak Kelompok B di TK Sartika Luwoo Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 PG PAUD Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Guru Menerapkan Kegiatan Menggambar Pada Anak Kelompok B di TK Sartika Luwoo Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan menggambar pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi untuk penerapan kegiatan menggambar pada anak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan Kegiatan Menggambar Pada Anak Kelompok B di TK Sartika Luwoo Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya adapun indikator penerapan kegiatan menggambar yaitu persiapan alat dan bahan, penentuan tema, pembuatan sketsa, penyempurnaan gambar. Sehingga dari 17 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki, dan 8 siswa perempuan. Dengan kegiatan yang dilakukan adalah penerapan kegiatan menggambar, dilihat dari masing-masing siswa 12 siswa yang sudah mampu dalam penerapan kegiatan menggambar ini, sedangkan 5 siswa lainnya masih belum mampu. Dilihat dari hasil karyanya, dan anak masih kesulitan dalam memegang pensil dengan baik,dari hasil pengamatan pada saat jam istrahat. Disimpulkan perkembangan kemampuan dasar anak didik meliputi : fisik, pikir, emosional, persepsi, kreatifitas, sosial dan estetika melalui menggambar dan jenjang seni. Sehingga anak didik memiliki kepekaan indrawi, intelektual, keterampilan. Sehingga itu kemampuan menggambar anak telah lebih meningkat dan dapat memahami sketsa yang diberikan guru. Dengan demikian peningkatan dalam menggambar anak meningkat dengan cara mereka menyempurnakan gambar. Kata Kunci : Penerapan Menggambar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011