Penulis / NIM
SUSY HERLINA PAPUTUNGAN / 153411068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Susy Herlina Paputungan, 2016. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd, dan Pembimbing II Samsiah S.Pd, M.Pd
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian ini yakni untuk menggambarkan peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak dengan menggunakan media audio visual sehingga dapat melati cara berbicara anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif serta tehnik pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, dan studi Dokumen. Sumber data adalah peran guru dalam menggembangkan kemampuan berbicara anak dengan menggunakan media audio visual.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak dengan menggunakan media audio visual yang diberikan berjalan sesuai dengan harapan dan capaian perkembangan, Yang dijadikan indikator peneliti yaitu, Guru sebagai Pendidik yaitu guru melatih beberapa keterampilan dan terutama sikap mental anak didik, Guru sebagai pembimbing yaitu guru diibaratkan sebagai perjalanan, yang berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya bertanggung jawab atas kelancaran perjalanan itu, Guru sebagai fasilitator yaitu guru dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar anak didik.
Kata Kunci : Peran guru, Kemampuan Berbicara anak
Download berkas