Penulis / NIM
NURNANINGSIH AHMAD / 153411069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Nurnaningsih Ahmad. 2015. "Deskripsi Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rena L. Madina, M.Pd, dan Pembimbing II, Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara jelas tentang Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Metode pendekatan penelitian digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo dilaksanakan melalui dua kegitatan yaitu: guru memberikan bimbingan, guru sebagai demonstrator. Guru memberikan bimbingan dilakukan dengan cara membimbing anak yang belum mampu mengenal bentuk geometri. Guru sebagai demonstrator dilakukan dengan cara memperagakan contoh bentuk geometri dengan menggunakan playdough. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten gorontalo telah dijalankan namun belum maksimal.
Kata Kunci: Bentuk Geometri, 4-5 Tahun
Download berkas