Penulis / NIM
WIKAFARADINA DAMOGALAD / 153411070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
WikaFaradinaDamogalad, 2017. Deskripsi Kemampuan Berbicara Anak Usia 2-3 Tahun di PPIT TPA Al-Islah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I SamsiahS.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan berbicara anak usia 2-3 Tahun di TPA PPIT Al-Islah kecamatan kota tengah kota Gorontalo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumen.Sumber data adalah guru di TPA Al-Islah Kecamatan Kota tengah Kota Gorontalo.
Hasil pembahasan ini menunjukan bahwa kemampuan Berbicara Anak usia2-3 Tahun di TPA PPIT AL-Islah Kecamatan Kota tengah Kota Gorontalo belum berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi kemampuan anak mengungkapkan gagasan dan pikiran masih tingginya persentasi anak yang belum berkembang dalam melakukan hal tersebut. Strategi stimulasi pengembangan kemampuan Berbicara Anak usia2-3 Tahun di TPA PPIT AL-Islah kecamatan kota tengah kota gorontalo masih sangat minim dilakukan oleh pendidik disekolah tersebut. Guru belum dapat bisa berimprovisasi untuk mengeksplorasi kemampuan anak dalam berbicara.
Hasil di lapangan masih ada anak di TPA yang belum mampu berbicara hal ini dikarenakan kurangnya stimulasi yang diberikan dari lingkungan keluarga yang juga tidak memenuhi komunikasi dengan anak, sehingga upaya yang bisa dilakukan adalah dengan terus menstimulasi anak melalui komunikasi dengan lingkungan bermainnya.
Kata kunci :KemampuanBerbicara, Anak, TPA Al-Islah.
Download berkas