Penulis / NIM
WA ODE MAULINAB / 153411073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Wa Ode Maulinab. 2018. "Faktor-faktor Penyebab Kurangnya Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo." Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan pembimbing II Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya keterampilan berbicara pada anak kelompok B TK di Teratai kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Untuk itu tujuan penelitian ini berusaha mengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya keterampilan berbicara anak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Karakteristik Subjek penelitian yaitu anak berusia 5-6 tahun. Alat pengumpul data berupa penyebaran angket. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik dengan menggunakan presentase sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) persentase tertinggi dicapai oleh responden dalam menjawab pernyataan yang berkategori Jarang dengan persentase sebesar 32.59%. Terkait dengan itu, beberapa faktor yang menjadi penyebab kurangnya keterampilan berbicara anak antara lain (a) tenggorokan, langit-langit, lebar rongga mulut yang kurang mendukung; (b) kondisi gigi anak yang tidak bagus; (c) gerakan dan energik kurang berkembang dengan baik; (d) kemampuan berbicara kurang didorong; dan (e) hubungan antara pikiran dan tindakan yang kurang bersinergi; (2) persentase tertinggi dicapai oleh responden dalam menjawab pernyataan yang berkategori kadang-kadang dengan persentase sebesar 30.37%. Terkait dengan itu, beberapa faktor yang menjadi penyebab kurangnya keterampilan berbicara anak antara lain: (a) anak kurang diajarkan tentang disiplin; (b) intensitas komunikasi pada anak kurang dikembangkan; (c) pola komunikasi dalam lingkungan keluarga kurang terjalin dengan baik; (d) anak kurang menggunakan dwi bahasa pada lingkungan tertentu; (e) kurangnya pemberian motivasi pada anak; (f) kurangnya mengenalkan kata-kata baru pada anak; (g) kurangnya pembelajaran nyanyian atau media lainnya pada anak; (h) kondisi lingkungan sekitar yang kurang mendukung; (i) kurangnya kebiasaan anak untuk meniru kebiasaan temannya; dan (j) kurangnya media pembelajaran yang mendukung kemampuan anak untuk berbicara.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Download berkas