SKRIPSI

Penulis / NIM
ISNA IBRAHIM / 153411087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Isna Ibrahim. NIM. 153411087. 2013. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak Kelompok B TK Kartika Kecamatan Bolango Timur Kabupaten Bone Bolango. S-1 PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak kelompok B TK Kartika Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa reseptif pada anak kelompok B TK Kartika Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatitaf dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak kelompok B TK Kartka Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango yakni meliputi sikap guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak, peran guru dalam menyikapi dan mengembangkan aspek-aspek kelebihan anak yang mengalami gangguan bahasa reseptif dan peran guru dalam bekerja sama dengan orang tua ataupun dokter ahli untuk mengetahui perkembangan bahasa reseptif anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (a) Sikap guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak sudah dilaksanakan dengan baik dan guru lebih kreatif untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak. (b) Aspek-aspek yang terlebih dahulu dikembangkan pada anak yang mengalami gangguan bahasa reseptif seperti kemampuan ekspresi anak, kemampuan psikomotorik dan afektif. (c) Guru bekerja sama dengan orang tua namun tidak bekerja sama dengan dokter ahli. Kata Kunci: Peran Guru, Bahasa Reseptif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011