Penulis / NIM
SANIAH HADJIALI / 153411088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Saniah Hadjiali. NIM. 153411088. 2013. Meminimalkan Perilaku Agresif Melalui Pendekatan Individual Pada Anak Di Kelompok A TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd. dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah pendekatan individual dapat meminimalkan perilaku agresif anak di kelompok A TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meminimalkan perilaku agresif anak kelompok A melalui pendekatan individual di TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa pada tindakan kelas siklus I ternyata perilaku agresif anak dapat diminimalkan dengan pendekatan individual sehingga dari 8 orang anak yang berperilaku agresif menjadi 5 orang anak dan setelah dilaksanakan siklus II tidak ada lagi anak yang berperilaku agresif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pendekatan individual dapat digunakan untuk meminimalkan perilaku agresif anak kelompok A TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. (2) Penerapan pendekatan individual pada siklus I menurunkan perilaku agresif anak dari 8 orang menjadi 5 orang anak. (3) Penerapan pendekatan individual pada siklus II tidak ada lagi anak yang memiliki perilaku agresif.
Kata Kunci: Pendekatan Individual, Perilaku Agresif
Download berkas