Penulis / NIM
ERNA S. ADAM / 153411090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan peran guru dalam meminimalkan perilaku hiperaktif pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 3 (tiga) orang guru, dengan jumlah anak yang di adakan sebagai sumber data adalah 30 orang anak, yang memiliki perilaku hiperaktif berjumlah 8 orang anak, dan sumber data sekunder berupa dokumen, tulisan serta arsip-arsip yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan pengumpulan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru dalam meminimalkan perilaku hiperaktif anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara menginformasikan bahwa Guru adalah pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Maka dapat disimpulkan bahwa perilaku hiperaktif pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah dapat diminimalkan.
Kata kunci : Peran Guru, PerilakuHiperaktif
Download berkas