Penulis / NIM
IDAR PANTU / 153411094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Idar Pantu. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Media Visual Pada Anak di Kelompok B TK Kihajar Dewantoro VI Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Kihajar Dewantoro VI Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B melalui penggunaan media visual di TK Kihajar Dewantoro VI Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus dan setiap siklus meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi serta tahap analisis dan refleksi.
Dari hasil penelitan tindakan kelas siklus I dan II bahwa kemampuan membaca mengalami peningkatan yakni pada siklus I tahap I meningkat menjadi 7 orang anak (46%) dan setelah dilaksanakan kegiatan siklus I tahap II meningkat menjadi 8 orang anak (53%). Dari hasil tindakan kelas siklus II tahap I terjadi peningkatan kemampuan membaca pada anak menjadi 10 orang anak (67%) dan setelah dilaksanakan siklus II tahap II meningkat lagi menjadi 12 orang anak (80%).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Kihajar Dewantoro IV Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui penggunaan media visual.
Kata Kunci: Membaca , Media Visual
Download berkas