Penulis / NIM
IDA AYUFARIANI TAHWALI / 153411095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Ida Ayu Fariani Tahwali. NIM. 153411095. 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Pada Anak Kelompok B Pada TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Program Studi Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan kosakata pada anak kelompok B pada Tk Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemampuan kosakata pada anak di kelompok B pada Tk negeri pembina kecamatan sipatana kota gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan kosakata pada anak kelompok B pada Tk Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo yaitu bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan kosakata pada anak mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap pengembangan anak melalui pengajaran yang tepat dan metode yang baik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan kosakata pada anak sudah optimal, hal ini terbukti dari hasil penelitian menginformasi bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan kemampuan koskata pada anak. Dimana mengembangkan kemampuan kosakata pada anak bermuara dari peran guru dalam melakukan proses belajar mengajar, agar pelaksanaan pembelajaran pengembangan berbahasa lebih terarah dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran kosakata anak.
kata kunci : peran guru, kemampuan kosakata
Download berkas