Penulis / NIM
NURLAILA DENGO / 153411096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Nurlaila Dengo, 2015 "Meminimalkan Perilaku Agresif Anak Melalui Metode Bermain Peran Mikro Menggunakan Media Boneka Tangan Di Kelompok A TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo", Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Program S-1 PAUD, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Hj Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah perilaku agresif anak di kelompok A TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo dapat diminimalkan melalui metode bermain peran mikro menggunakan media boneka tangan. Tujuan penelitian ini adalah : Meminimalkan Perilaku Agresif Anak Melalui Metode Bermain Peran Mikro Menggunakan Media Boneka Tangan di Kelompok A TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud memberi gambaran dalam meminimalkan perilaku agresif anak kelompok A TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo melalui metode bermain peran mikro menggunakan media boneka tangan. Pada observasi awal diperoleh data untuk prosentase perilaku agresif anak pada aspek, (a) Belajar bersama, (b) Mengatur mainan teman, (c) Bergaul baik dengan teman, dan (d) Tertib didalam kelas, terdapat 16 anak (80%). Pada siklus I dapat dimimalkan menjadi 7 anak (35%). Pada siklus II dapat diminimalkan menjadi 3 anak (15%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku agresif anak dapat diminimalkan melalui bermain peran mikro menggunakan boneka tangan. Oleh karena itu bermain peran mikro menggunakan boneka tangan dapat dijadikan sebagai salah satu strategi dalam meminimalkan perilaku agresif anak di TK agar anak dapat belajar bersama, mengatur mainan teman, bergaul baik dengan teman, dan tertib didalam kelas.
Kata Kunci : Agresif, bermain peran mikro, media boneka tangan
Download berkas