Penulis / NIM
SHINTA SEPTIYANI HUMONGGIO / 153411098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Shinta Septiyani Humonggio. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berimajinasi Anak Pada Kelompok A di PPIT Al-Ishlah Kelurahan Liluwo Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berimajinasi anak pada kelompok A di PPIT Al-Ishlah Kelurahan Liluwo Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian ini yakni Mendeskripsikan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berimajinasi Anak Pada Kelompok A di PPIT Al-Ishlah Kelurahan Liluwo Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta tehnik pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berimajinasi anak pada kelompok A di PPIT Al-Ishlah antara lain minat, metode mengajar guru, pola asuh dan fasilitas belajar. Minat dimana guru telah menumbuhkan minat anak dengan memberikan kegiatan seperti menggambar, mewarnai dan melukis, metode mengajar yang diterapkan guru yaitu bercerita dan bermain peran. Pola asuh orang tua dengan memberikan kebebasan dan kesempatan untuk anak dalam melakukan kegiatan serta penyiapan fasilitas belajar yang menunjang kegiatan pembelajaran anak dirumah dapat mengembangkan kemampuan berimajinasi anak.
Kata Kunci: Berimajinasi Anak
Download berkas