SKRIPSI

Penulis / NIM
GISELAWATI ISHAK / 153411100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK Giselawati Ishak, 2015. Peran Guru melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi pada anak di kelompok B TK Tinelo Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II, Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk Peran Guru melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi pada anak di kelompok B TK Tinelo Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Peran Guru melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi pada anak di kelompok B TK Tinelo Lombongo kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango telah dilakukan cukup optimal. Peran tersebut diwujudkan dengan cara memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik, memberikan bimbingan, memberikan motivasi, dan memberikan teladan pada anak, Guru juga berupaya memberikan komunikasi dengan menggunakan bahasa Gorontalo pada anak secara sederhana, dan memberikan pujian dan reward pada anak yang mampu mengenal dan memahami kosa kata bahasa Gorontalo. Guru berupaya mendidik dan membimbingnya secara bertahap dan berulang dalam mempelajari kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah Upaya melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo, hendaknya menjadi perhatian utama Guru, karena merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak terutama bahasa GorontaloTeknik bernyanyi perlu dijadikan metode ataupun teknik dalam melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo, karena teknik tersebut sangat disukai oleh anak dan anak mampu mengingat kosa kata bahasa Gorontalo yang ada dalam syair lagu Gorontalo.Dalam memberikan rangsangan agar anak cepat memahami kosa kata bahasa Gorontalo maka hendaknya Guru selalu berkomunikasi dan melatih anak dengan menggunakan bahasa Gorontalo setiap hari di sekolah. Kata kunci : Peran Guru, melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011