Penulis / NIM
MILA A. BAA / 153411101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Mila A. Baa, NIM. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B TK Helim Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada anak Kelompok B di TK Helim Kota Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada anak kelompok B di TK Helim Kota Gorontalo melalui metode bermain peran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hal ini dapat dilihat dari observasi awal berdasarkan indikator yang diamati sebelum pelaksanaan tindakan hanya terdapat 8 orang atau 40% anak yang mengatur emosi dengan baik, mampu menjaga keselarasan pengungkapan emosi, dan mampu mengendalikan diri, empati dan keterampilan sosial, setelah diadakan tindakan siklus I sudah terdapat 13 orang anak atau sebesar 65% anak yang mampu, dilanjutkan ke siklus II sudah mencapai 85% atau 17 orang anak yang mampu mengatur emosi dengan baik, mampu menjaga keselarasan pengungkapan emosi, dan mampu mengendalikan diri, empati dan keterampilan sosial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa jika metode bermain peran digunakan dalam pembelajaran maka kecerdasan emosional pada anak Kelompok B TK Helim Kelurahan Limba U1 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Bermain Peran.
Download berkas