Penulis / NIM
MEGAWATI HARAS / 153411110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
MEGAWATI HARAS. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro pada Anak Kelompok B Di TK Kemala Bhayangkari 05 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2015. Dra. Syamsiar RivaI, M.Pd dan Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd sebagai pembimbing.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, Apakah kemampuan berbicara pada anak di TK Kemala Bhayangkari 05 dapat ditingkatkan dengan kegiatan bermain peran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil seperti pada observasi awal, yang memiliki peningkatan rata-rata 55% dari observasi awal yang hanya 20% atau 4 anak memiliki kemampuan berbicara yang baik. Yakni dari 30% atau 6 anak pada observasi awal meningkat menjadi 60% atau 12 anak pada siklus 1 dan 85% atau 17 anak pada siklus II. Hasil penelitian dimaksud adalah rata-rata dari jumlah persentase seluruh aspek kemampuan anak dalam peningkatan kemampuan berbicara anak yang diamati. Dengan melihat hasil capaian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan kegiatan bermain peran makro, maka peningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Bhayangkari 05 meningkat, dan dapat diterima". Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain peran makro, kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 05 Kota Gorontalo, meningkat.
Kata kunci : Kemampuan berbicara, Bermain peran makro
Download berkas