Penulis / NIM
PERNI I. TALIB / 153411113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Perni I. Talib, 2015. Meningkatkan Kosa kata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B di TK Bukit Samudera Desa Buhudaa Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II. Dra.Dajani Suleman, M. Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkat kankosakata Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak Kelompok B di TK Bukit Samudera Desa Buhudaa Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik presentase. Penelitiandilaksanakandalanduasiklus, tiapsiklusterdiridaritahapawal, tahappelaksanaantindakan, tahappemantauandanevaluasi.
HasilpenelitianmenunjukkanbahwakosakataBahasaInggrismelalui metodebernyanyipadaanakKelompokB di TK Bukit SamuderaDesaBuhudaaKabupatenGorontalodapatditingkatkan. Kegiatanobservasiawalmenunjukkanbahwaterdapat 5 anak (25%) dari 20 anak. SetelahmengikutisiklusImenunjukkanpeningkatandalamkosakataBahasaInggrisanakmenjadi 12 anak (60%)dansetelahmengikutisiklusIIterdapatpeningkatanmenjadi 17 orang anak (85%) dari 20 orang anakuntukpengenalankosakataBahasaInggrismelaluimetodebernyanyipadaanakKelompok B di TK Bukit SamuderaDesaBuhudaaKabupatenGorontalo.Berdasarkanhasil peneliti tersebut, maka dapat disimpulkan dalam hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan metode bernyanyi, maka pengenalan kosakata bahasa Inggris diKelompok B TK Bukit SamuderaDesaBuhudaaKabupatenGorontalodapatditingkatkan.
Kata Kunci :Kosakata,BahasaInggris, metode,bernyanyi.
Download berkas