SKRIPSI

Penulis / NIM
FATRA MOHAMAD / 153411114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Fatra Mohamad. Nim. 153 411 114. 2013. Meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kegiatan bermain balok pada Anak kelompok B TK Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Samsiar RivaI, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II. Samsiah, S.Pd. M.Pd Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok B TK Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain balok? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B TK Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud member gambaran terhadap keadaan peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak TK Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal angka 1-10 masih sangat rendah. Hal ini Nampak pada data yang diperoleh dari 20 orang anak kelompok B TK Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango pada observasi awal 9 orang atau 45% anak yang mampu mengenal bentuk angka 1-10 dan mampu menyebutkan secara berurutan angka 1-5 atau sebaliknya. Pada siklus I mulai ada peningkatan yaitu kemampaun anak mengenal angka 1-10 ada 13 orang atau 65% dan anak yang mampu menyebutkan secara berurutan angka 1-5 atau sebaliknya ada 12 orang atau 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu kemampuan anak mengenal angka 1-10 dan mampu menyebutkan secara berurutan angka 1-5 atau sebaliknya ada 16 orang atau 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok B TK Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Mengenal angka 1-10, bermain balok
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011