Penulis / NIM
						MASNA AHMAD / 153411116
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
						Pembimbing 1 / NIDN
						MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
						Abstrak
						ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode discovery dapat meningkatkan kemampuan sains sederhana (pengukuran) pada anak Kel. BTK Makapande Desa.Kalangkangan  Kec. Galang Kab. Toli-Toli ?Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains sederhana (pengukuran) melalui metode discoverypada anak Kel. B TK Makapande Kec. Galang Desa Kalangkangan Kab. Toli-toli.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah anak kelompok B sebanyak 20 orang.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru mitra.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil analisis data anak yang menunjukkan kemampuan sains pada pelaksanaan observasi awal 4 orang.Pada pelaksanaan siklus I peningkatan kemampuan sains sebanyak 8 orang Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 orang.Untuk peningkatan kemampuan sains sederhana melalui metode discovery di dukung oleh beberapa indikator yaitu kemampuan mengukur dan kemampuan membedakan ukuran.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kemampuan Sains SederhanaMelalui Metode Discovery Di Kel.B TK Makapande Desa.Kalangkangan  Kec. Galang Kab. Toli-Toli meningkat.
Kata Kunci : Sains  Sederhana, Metode Discovery
						Download berkas