Penulis / NIM
MERTY KATILI / 153411121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
Merti Katili. NIM. 153411121. 2013. Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Lisan Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal II Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulontalangi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. dan Pembimbing II Dra. Ummysalam Duludu, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana peranan guru dalam mengembangkan komunikasi lisan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal II Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulontalangi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan komunikasi lisan anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal II Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulontalangi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal II Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulontalangi meliputi tiga aspek yakni peran guru dalam mengganali minat anak sehingga anak mau berbahasa lisan, peran guru dalam melatih kefasihan dan kejelasan berbicara dan peran guru dalam melatih kecakapan anak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Peran guru dalam menggali minat anak sehingga anak mau berkomunikasi lisan telah dilaksanakan dengan baik, (b) Peran guru dalam melatih kefasihan dan kejelasan berbicara pada anak dilakukan dengan meningkatkan kefasihan anak mengucapkan kata-kata yakni melalui percakapan dan mengulangi kata-kata yang sulit diucapkan anak dan (c) Peran guru dalam melatih kecakapan dilakukan dengan menerapkan metode bercakap-cakap dan permainan bertelepon
Kata Kunci: Peranan Guru, Bahasa Lisan
Download berkas