Penulis / NIM
NOLISTA KURNIASIH / 153412001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Nolista Kurniasih, 2016. Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok A Di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Tuti Wantu, M.Pd Kons dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Damhil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain One grup pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi
Hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diketahui bahwa nilai Pretest Lhitung = 0,1830 dan Posttest Lhitung = 0,1433 taraf signifikasi = 0,05 dan n = 16, Ltabel = 0,213. Karena L0 < Ltabel. Dapat disimpulkan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan statistik uji t dependen dengan = 0,05, tabel distribusi t diperoleh ttabel(dk; 1- ) = ttabel(15; 0,975) = 2,13, kriteria pengujian Tolak H_0 jika thitung > ttabel dimana ttabel didapat dari daftar distribusi t dengan dk = n - 1 dengan peluang (1 - ). Dengan membandingkan harga thitung = 18,497 > ttabel = 2,13 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Damhil. Hal ini dibuktikan oleh skor rata - rata pretest = 922 dan skor rata - rata posttest = 1432.
Kata Kunci : Bowling Modifikasi, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan
Download berkas