Penulis / NIM
YAYAN ANDIYANI IMAN / 153412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Yayan Andiyani Iman, 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Sains Dalam Bentuk Permainan Sulap Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Prodi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj Ruslin W Badu, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dapat mengembangkan kognitif anak (2) Apakah media pembelajaran sains yang dikembangkan dapat mengembangkan kognitif anak di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dalam mengembangkan kognitif anak dan menyusun media pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif anak di SD laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, devolpment (pengembangan), implimentation (implementasi). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap devolopment (pengembangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, lembar validasi, serta studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang berupa saran-saran perbaikan dari validator ahli, penilaian oleh guru kelas dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dengan melihat beberapa indikator yaitu : (1) Anak memiliki Kemampuan berbicara, (2) Mengekspresikan ide atau pendapatnya, (3) Kemampuan berpikir meningkat, (4) Kemampuan menalar meningkat, (5) Menikmati aktivitas yang berbeda-beda, dan (6) Berkonsentrasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mendesain pengembangan media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap untuk mengembangkan kognitif anak memiliki kualitas sangat baik sehingga sangat layak digunakan dalam kegitan pembelajaran.
Kata Kunci : Media, Permainan, Kognitif.
Download berkas