Penulis / NIM
ZURIYATI DWI PRATIWI R. IBRAHIM / 153412005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Zuriyati D P Ibrahim, 2016. Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Deskripsi perkembangan sosial emosional anak Di Tk Damhil kecamatan kota selatan kota gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa kerjasama yang dikukan setiap anak terhadap teman sebaya sudah dapat dilakukan sehingga dapat menumbuhkan sikap sosial emosional dari mulai anak berinteraksi dengan orang lain. Rasa simpati yang dimiliki oleh setiap anak dari anak mulai merasakan apa yang dialami dilakukan dan diderita oleh orang lain sudah ditunjukan kepada teman sebaya dan orang lain. Rasa empati yang ditunjukan anak terhadap orang lain dengan memahami dan menyadari perasaan orang lain yang diterapkan dari anak sejak berusia dini sangat menumbuhkan sosial emosional anak. Kemurahan hati, yang dimiliki dengan ditunjukan melalui berbagi sesuatu kepada orang lain sudah ditunjukan oleh anak dari sejak usia dini sehingga sikap berbagi kapada orang lain inilah akan terus melekat pada diri anak.
Kata kunci : Perkembangan sosial emosional.
Download berkas