Penulis / NIM
WAHYUNINGSIH / 153412012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuningsih, 2016. NIM:153 412 012. Pengembangan Media Pembelajaran Sains Dalam Bentuk Permainan Sulap Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Prodi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj Ruslin W Badu, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimana media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dapat mengembangkan bahasa anak (2) apakah media pembelajaran sains yang dikembangkan dapat mengembangkan bahasa anak di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut : (1) untuk mengetahui media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dalam mengembangkan bahasa anak, (2) menyusun media pembelajaran sains dalam mengembangkan bahasa anak di SD laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis, desain, devolpment (pengembangan), implimentation (implimentasi). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap devolopment (pengembangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, lembar validasi, serta studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang berupa saran-saran perbaikan dari validator ahli, penilaian oleh guru kelas dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran sains dalam bentuk permaianan sulap untuk mengembangkan Bahasa anak. Adapun indikator karakteristik bahasa yaitu: 1) anak mampu mengucapkan lebih dari 2.500 kosakata 2) anak mampu mengucapkan lingkup kosa kata seperti: warna, perbedaan, perbandingan, bentuk, ukuran, dll. 3) anak dapat melakukan peran sebagai pendengar yang baik. 4) anak mampu berpartisipasi dalam sebuah percakapan. 5) anak mampu berkomentar terhadap apa yang dilakukan dirinya dan orang lain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap termasuk dalam kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu desain pengembangan media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap untuk mengembangkan bahasa anak memiliki kualitas sangat baik sehingga sangat layak digunakan dalam kegitan pembelajaran.
Kata Kunci : Media, Permainan, bahasa
Download berkas