Penulis / NIM
SRI INANG HASAN / 153412013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Sri Inang Hasan. 2016. Penggunaan Media Bercerita Gambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra Rapi Us. Djuko, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media bercerita gambar dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media bercerita gambar dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak adalah (1) kelancaran dalam menceritakan isi buku cerita bergambar, anak yang sudah mampu berjumlah 12 orang yang kurang mampu 3 orang dan yang belum mampu 3 orang. (2) dapat menjawab pertanyaan isi buku cerita bergambar, anak yang sudah mampu berjumlah 15 orang yang kurang mampu 1 orang dan yang belum mampu 2 orang. Penggunaan media bercerita gambar sudah optimal dalam mengembangkannya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bercerita gambar dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak yang menonjol yaitu menjawab pertanyaan isi buku cerita bergambar karena dengan mengajukan dan menggali komentar anak, guru dapat memahami suatu bahasa mereka dan kebiasaan anak dalam bereaksi terhadap buku cerita bergambar.
Kata Kunci : Media Cerita Bergambar, Kemampuan Berbahasa
Download berkas