Penulis / NIM
NURLAILA MUSA / 153412014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Nurlaila Musa. 2016. Deskripsi Kemandirian anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamaatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana mendeskripsikan kemandirian anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sember data adalah guru. Data di analisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 20 anak dapat dilihat dari tujuh indikator; a) kemampuan fisik, b) percaya diri, c) bertanggung jawab, d) disiplin, e) pandai bergaul, f) saling berbagi, g) mengendalikan emosi. Dimana terlihat bahwa indikator yang paling tinggi nilai persennya adalah indikator percaya diri, dimana pada indikator ini anak yang percaya diri sebanyak 18 orang atau sekitar 19% dan anak yang kurang percaya diri 2 orang atau sekitar 10%. Sedangkan indikator yang paling menonjol kemandiriannya adalah indikator yang ke empat yaitu disiplin. Dimana masih terdapat 4 anak yang kurang disiplin. Kesimpulannya adalah disebabkan faktor-faktor yang bergantung pada latar belakang dan status seseorang, lingkungan, hubungannya dengan dunia luar dan lain-lain. Meskipun demikian guru selalu memberikan dorongan dan motivasi meski hasilnya tidak seperti yang diinginkan. Orang tua juga perlu memberikan kebebasan, rangsangan dan dorongan kepada anak untuk terbentuk rasa tanggung jawab anak sejak dini.
Kata Kunci : kemandirian anak.
Download berkas