Penulis / NIM
WINARTI MOKODONGAN / 153412017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Winarti Mokodongan, 2016, Analisis Peran Guru Dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok A Di TK Amal Bhakti Desa Kotajin Utara Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak di TK Amal Bhakti Desa Kotajin Utara Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, penelitian merupakan penelitian yang dilaksanakan dengan dua tahapan yaitu prapenelitian sampai dengan penelitian. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Amal Bhakti Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara yang terdiri dari 15 anak. Analisi data yang disajikan menggunakan reduksi data, display data, verifikasi data.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengembangkan kecerdasan visual spasial anak di TK Amal Bhakti Kabupaten Gorontalo Utara sudah cukup baik hal ini terlihat dari sebagian anak sudah mampu dalam anak menyusun permainan puzzle, mengenal warna, mengenal bentuk-bentk geometri dan mampu untuk menceritakan kembali isi gambar.
Kata Kunci: Kecerdasan Visual spasial Anak.
Download berkas