Penulis / NIM
ARYUNITA RIVAI / 153412021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
AryunitaRivai 2016. Peran Pengasuh Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di TPA Al-Ishlah Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Setyo UtoyoM.Pd, dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si .
Rumusan masalah dalam penelitian ini "Bagaimana peran pengasuh dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anakusiadinidi TPA Al-Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo". Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran pengasuh dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran pengasuh dalam mengembangkan kecerdasan interpesonal anak usia dini dengan indikator peneliti yaitu, Pengasuh sebagai Pendidik, Pengasuh sebagai Pembimbing, Pengasuh sebagai Fasilitator telah dilaksanakan secara optimal. Dapat disimpulkan bahwa Peran Pengasuh Dalam Mengembangkan Kecerdasan interpesonal anak usia dinidi TPA Al-IshlahKecamatanKota Tengah Kota Gorontalo telah dilaksanakan secara optimal.
Kata kunci: Pengasuh, Kecerdasan interpersonal
Download berkas