Penulis / NIM
MARLINA PRISLIANA MAMONTO / 153412023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Marlina P. Mamonto. NIM 153412023. Deskripsi Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Berbasis Lingkungan di TK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd Pembimbing II Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd.
Permasalah dalam penelitian ini yakni bagaimana kreativitas anak melalui alat permainan edukatif berbasis lingkungan di TK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas anak melalui alat permainan edukatif berbasis lingkungan di TK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak melalui alat permainan edukatif berbasis lingkungan di TK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo menunjukan adanya kreativitas yang bervariasi dilihat dari aspek kelancaran anak dalam berpikit, kelenturan, keaslian dan keterperincian. Bentuk kreativitas tersebut didukung oleh sumber belajar yang tersedia berasal dari lingkungan sekitar. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sarana bermain yang edukatif juga dapat meningkatkan imajinasi anak yang sifatnya alamiah dengan bantuan serta dukungan dari guru dalam mengajarkan berbagai macam jenis alat permainan edukatif yang berbasis lingkungan sehingga dapat dapat merangsang kreativitas anak.
Kata kunci : Kreativitas, alat permainan edukatif, lingkungan, TK.
Download berkas