Penulis / NIM
INDRI PUDJIONO / 153412024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Indri Pudjiono. 2016. Hubungan Manfaat Metode Outbound Dengan Perkembangan Sosial-Emosi Anak Kelompok B Di TK Amal Bhakti Desa Kotajin Utara Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Samsiah, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing (II) Nunung Suryana Jamin, SE. M.Si.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Manfaat Metode Outbound dengan Perkembangan Sosial-Emosi Anak Kelompok B Di TK Amal Bhakti Desa Kotajin Utara. Desain pengujian ini adalah penelitian korelasi. Populasi/sampel pada siswa kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian angket, Observasi, dan dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan manfaat metode outbound dengan perkembangan sosial-emosi anak dengan perkembangan sosial-emosi anak kelompok B yang dibuktikan dengan rata-rata hasil perkembangan anak pada perlakuan yang diberikan, dengan nilai koefisien korelasi (r_xy) sebesar - 0,935. Untuk pengujian hipotesis sendiri diperoleh hasil dari t hitung yakni 11, 161 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian adalah bahwa terdapat hubungan manfaat metode outbound dengan perkembangan sosial-emosi anak.
Kata Kunci: Manfaat Metode Outbound, Perkembangan Sosial-Emosi Anak
Download berkas