Penulis / NIM
NURHAJRAH / 153412028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Nurhajrah. 2017. Deskripsi Keterampilan Sosial Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Tuti Wantu, M.Pd.Kons dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.SI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Keterampilan Sosial Anak Kelompok B1. Metode Penelitian yang di gunakan yaitu Deskripsi dengan jenis Penelitian Kualitatif. Data penelitian yaitu berupa jawaban hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Sumber Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu guru kelas B TK Negeri Pembina Suwawa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan dari kedua indikator tahapan perkembangan keterampilan sosial dapat di tarik kesimpulan bahwa keterampilan sosial anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Suwawa sudah sebagian besar mengalami perkembangan. Hal ini di tunjukkan oleh hasil keseluruhan observasi yang menunjukan bahwa dari 20 orang anak di kelompok B1 TK Negeri Pembina Suwawa rata rata diatas 10 anak sudah berkembang sangat baik (BSB), dilihat dari tingkat pencapaian keterampilan sosialnya. Dimana hasil tertinggi terdapat pada indikator kedua (Menunjukkan sikap toleran). Pada indikator ini, sudah mencapai 14 orang anak berkembang sangat baik (BSB), 4 orang anak mulai berkembang (MB), dan 2 orang anak belum berkembang (BB). Sedangkan pada indikator pertama (Bersikap kooperatif dengan teman), hanya mencapai 10 anak yang berkembang sangat baik (BSB), 9 anak mulai berkembang (MB) dan 1 anak belum berkembang (BB).
Kata Kunci : Keterampilan Sosial Anak
Download berkas