Penulis / NIM
MEY RADJAK / 153412029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Mey Radjak, 2018. Peran Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Sentra Balok di PAUD Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Samsiah, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M.Pd.
Permasalahan penelitian ini adalah ''Bagaimana peran guru dalam mengembangkan pembelajaran sentra balok di PAUD Menara ILmu Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dalam mengembangkan pembelajaran sentra balok di PAUD Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dimana hasil wawancara dari guru kelas akan dikemukakan dalam bentuk narasi. Subjek penelitian adalah 6 orang anak di PAUD Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo.
Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor penyebab kegiatan pembelajaran sentra balok yang belum optimal, yaitu : 1) Kurangnya perhatian anak kepada guru pada proses pembelajaran berlangsung; 2) Sebagian anak masih perlu bimbingan dari guru dalam membereskan Alat/bahan disentra balok; 3) Anak Masih ada yang sering tidak sekolah; 4) Sebagian anak belum mampu membedakan bentuk-bentuk balok sesuai dengan jenisnya.
Simpulan penilitian ini adalah bahwa guru harus memiliki aturan main untuk masing-masing sentra karena anak lebih merangsang untuk menjelajahi, memanipulasi dan menyelidiki yang sesuai dengan keinginan, bakat, dan minat anak.
Kata Kunci : Peran Guru, Sentra Balok
Download berkas