SKRIPSI

Penulis / NIM
ZUHURIA R. KONIYO / 153412032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ZUHURIA R. KONIYO. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ruslin W.Badu M.Pd, dan Pembimbing II Samsiah,S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskripsi dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo yaitu faktor internal dan faktor eksternal diantaranya : a). Status Sosial Ekonomi Orang Tua, yang sudah mampu berjumlah 19 anak (95 %), yang kurang mampu berjumlah 1 anak (5 %). b). Pola Asuh Orang Tua, yang sudah mampu berjumlah 15 anak ( 75 %), anak yang kurang mampu berjumlah 3 anak (15 %), dan anak yang belum mampu berjumlah 2 anak (10 %). c). Faktor Dari Luar Rumah, anak yang sudah mampu berjumlah 14 anak (70 %), anak yang kurang mampu berjumlah 4 anak (20 %), dan anak yang belum mampu berjumlah 2 anak (10 %). d). Faktor Pengaruh Pengalaman Sosial Anak, anak yang sudah mampu berjumlah 17 anak (85 %), anak yang kurang mampu berjumlah 2 anak (10 %), dan anak yang belum mampu berjulah 1 anak (5 %). Peningkatan yang terjadi dapat terlihat dari tahap penelitian yaitu melalui observasi yang dilakukan saat melakukan penelitian terhadap anak dengan mengembangkan interaksi sosial dengan teman sebaya, orang lain maupun orang yang berada di lingkungan sekitarnya.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011