Penulis / NIM
ZUHURIA R. KONIYO / 153412032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ZUHURIA R. KONIYO. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ruslin W.Badu M.Pd, dan Pembimbing II Samsiah,S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskripsi dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo yaitu faktor internal dan faktor eksternal diantaranya : a). Status Sosial Ekonomi Orang Tua, yang sudah mampu berjumlah 19 anak (95 %), yang kurang mampu berjumlah 1 anak (5 %). b). Pola Asuh Orang Tua, yang sudah mampu berjumlah 15 anak ( 75 %), anak yang kurang mampu berjumlah 3 anak (15 %), dan anak yang belum mampu berjumlah 2 anak (10 %). c). Faktor Dari Luar Rumah, anak yang sudah mampu berjumlah 14 anak (70 %), anak yang kurang mampu berjumlah 4 anak (20 %), dan anak yang belum mampu berjumlah 2 anak (10 %). d). Faktor Pengaruh Pengalaman Sosial Anak, anak yang sudah mampu berjumlah 17 anak (85 %), anak yang kurang mampu berjumlah 2 anak (10 %), dan anak yang belum mampu berjulah 1 anak (5 %). Peningkatan yang terjadi dapat terlihat dari tahap penelitian yaitu melalui observasi yang dilakukan saat melakukan penelitian terhadap anak dengan mengembangkan interaksi sosial dengan teman sebaya, orang lain maupun orang yang berada di lingkungan sekitarnya.
Download berkas