Penulis / NIM
SURYANI WIDYANINGSIH / 153412035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Suryani Widyaningsih, 2016. Deskripsi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Anak Kelompok B Di TK Beringin Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd, Pembimbing II: Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam peelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan pembelajaran saintifik pada anak kelompok B di TK Beringin Kec. Dungingi Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Anak Kelompok B di TK Beringin Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan permasalahan dengan analisis faktual. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di TK Beringin Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dengan lima kegiatan yaitu kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan. Dalam proses pembelajaran sangat terlihat bahwa anak aktif dalam lima kegiatan saintifik, anak merasa senang ketika melakukan kegiatan belajar dan tersedianya sumber belajar yang menyenangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam pendekatan pembelajaran saintifik pada anak kelompok B sudah berkembang dengan baik.
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Saintifik
Download berkas